Suasa Saat Panen Ikan Depik

 Suasana Saat Panen Ikan Depik




 Saat ibu-ibu sibuk memanen ikan depik

hasil panen / tangkapan nelayan di Takengon Mengaya

Ikan depik
merupakan salah satu ikan khas yang tedapat di Danau Laut Dawar Takengon. Ikan Depik ini berbentuk kecil memanjang hampir menyerupai ikan teri. Biasanya pada waktu pertengahan tahun yaitu sekitar bulan Agustus hingga pada akhir tahun, para nelayan terlihat sibuk menangkap ikan depik di pinggir Danau Laut Tawar. Ikan Depik ini juga beda dengan ikan Relo (bahasa Gayo) namun kalau dilihat sepintas terlihat sama.

sumber gambar dari google

Musim ikan Depik
Musim ikan depik ditandai dengan gejala-gejala alam seperti hujan gerimis disertai angin kencang dan suhu udara rendah (dingin), adanya gelombang besar di danau Orang Gayo biasa menyebutnya dengan gelumang kul, gelombang tersebut datang dari arah barat ke arah timur. Saat musim ikan Depik Gunung Kelieten atau Burni Kelieten tertutupi oleh awan tebal dan terjadi perubahan iklim, yaitu angin yang berhembus terasa berbeda, agak lebih dingin. Terkadang disertai hujan atau gerimis-gerimis kecil.



Menurut perkiraan para nelayan ikan depik hal itu menandakan musim panen ikan depik telah tiba. Nelayan pun terlihat sibuk menyiapkan jaring untuk menjaring ikan depik tersebut. Setelah para nelayan menjaring ikan depik, biasanya di waktu subuh para agen atau penyalur ikan depik mendatangi tempat para nelayan ikan depik untuk melakukan transaksi jual beli. Setelah terjadi transaksi, ikan depik tersebut ke pasar ikan dan menjualnya kembali kepada para penjual ikan dipasar tradisional.

 sumber gambar dari Google


Cara pembelian ikan depik ini memiliki takaran atau timbangan tertentu, bukan dalam bentuk kilogram, akan tetapi dalam bentuk “katok” dan “bamboo”. Biasanya untuk takaran 1(satu) “katok” kecil berukuran 250 gram dan untuk ukuran 1(satu) “bamboo” berukuran sekitar 1(satu) kilogram. Untuk penjualan ikan depik ini terbagi dalam Dua) bentuk, yaitu ikan depik basah, yaitu ikan depik yang telah di panen, dan ikan depik kering yaitu ikan depik yang dijemur, akan tetapi berbeda dengan ikan asin pada umumnya. Ikan depik ini hanya sekadar dijemur.

Ikan Depik Basah
suber gambar dari google

Ikan depik ini nantinya akan di oleh oleh kaum ibu baik di masam jing (asam pedas) maupun di sambal.



Bagi masyarakat tradisional gayo, ikan depik merupakan ikan legendaris yang memiliki sejarah dan asal usul yang beragam dan uniknya ikan depik hanya muncul musiman yang disebut dengan “Musim Depik”. Musim ikan Depik datang dua kali dalam setahun yaitu diawal musim hujan dan di awal musim kemarau.


Untuk sejarah ikan depak lain kali kita sambung ya sobat....
sekian dulu semoga bermanfaat buat sobat-sobat yang meluangkan waktunya mampir...

Salam Damai dari kota Dingin Takengon,,, BBBRRRRRR,,,,,,

0 Response to "Suasa Saat Panen Ikan Depik"

Posting Komentar